4 Faktor Ranking Paling Penting, Menurut Studi Industri SEO

4 Faktor Ranking Paling Penting, Menurut Studi Industri SEO

Ranking dari Google adalah sebuah penilaian terhadap situs yang akan membuat situs itu dipertimbangkan lebih tinggi dalam sebuah mesin pencarian. Tentunya ada banyak fungsi dari ranking yang tinggi dari Google, hal ini tentu membuat orang ingin menaikkan ranking di Google.

Setidaknya, 10 merupakan nilai tertinggi dari ranking Google. Untuk mendapatkan nilai 10, tampaknya mustahil apabila website milik anda hanyalah website biasa. Mendapatkan rank 1 dari Google sebenarnya sudah cukup baik, dan lebih baik bisa lebih tinggi lagi misal 3 hingga 5.

Ada banyak faktor yang membuat nilai ranking anda di Google bisa 1, 2 hingga 10 atau bahkan tak mendapat rangking. Nah, beberapa faktor ini harus anda perhatikan untuk mendapat nilai rangkin tinggi dari Google, simak tips ini.

Konten

Konten adalah salah satu faktor peringkat Google yang paling penting, menurut Andrey Lipattsev, Search Senior Strategist Search di Google. Ini seharusnya bukan berita, konten telah menjadi faktor peringkat penting untuk sementara waktu.

Faktanya, studi SearchMetrics yang dikutip di atas menemukan bahwa hanya 53% dari 20 kueri teratas memiliki kata kunci dalam tag judul mereka, dan kurang dari 40% halaman arahan memiliki kata kunci dalam H1 mereka. Angka ini menurun dari tahun ke tahun, yang “dengan jelas menunjukkan bahwa Google mengevaluasi konten sesuai dengan relevansinya – dan bukan dengan memasukkan kata kunci individual.”

Backlink

Backlink tetap merupakan faktor peringkat Google yang penting, namun selama bertahun-tahun, Google telah belajar menyingkirkan tautan buruk dari yang baik. Tautan lainnya masih akan menghasilkan skor yang lebih tinggi, namun hanya jika mereka berasal dari sejumlah domain yang beragam dan otoritatif.

Kunci untuk kampanye membangun tautan yang kuat adalah membuat konten yang diinginkan orang, dan kemudian mempromosikan konten itu tanpa henti. Saat otoritas industri lainnya membaca dan menautkan ke konten anda, Google akan membaca teks jangkar pencocokan tautan balik anda dan menganggap konten anda lebih relevan.

Bila konten anda menghasilkan banyak tautan balik berkualitas tinggi ini, anda menekan tiga sinyal peringkat penting: jumlah tautan balik, otoritas tautan, dan keragaman tautan.

Mobile Friendly

Salah satu perubahan terbesar yang kami lihat di tahun 2016 adalah peralihan Google ke pengindeksan seluler pertama. Ini berarti bahwa indeks Google sekarang akan merayapi versi mobile dari situs web yang bertentangan dengan versi desktop.

Optimalisasi seluler adalah faktor peringkat yang sangat penting. Semua top 100 domain paling terlihat memiliki solusi mobile-friendly, menurut SearchMetrics.