3 Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Pembaruan Algoritma Google

3 Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Pembaruan Algoritma Google

Satu-satunya yang konstan di dunia SEO adalah perubahan. Bahkan, Google dilaporkan mengubah algoritma pencariannya sekitar 500 sampai 600 kali setiap tahunnya. Sementara sebagian besar pembaruan ini kecil dan seringkali bahkan tidak diminati oleh pengguna dan SEO, sesekali, Google merilis pembaruan besar.

Selama dua tahun terakhir ini, google telah melihat pembaruan besar algoritma. Dua yang terbaru, “Possum” (dirilis pada 1 September 2016) dan Penguin 4.0 (dirilis pada tanggal 23 September 2016) menyebabkan banyak kegemparan di komunitas SEO.

Selama bertahun-tahun di komunitas SEO, update seperti Caffeine dan Vince pada tahun 2009, Panda / Farmer pada tahun 2011, Update dan Penguin Exact-Match Domain (EMD) pada tahun 2012, Pigeon pada tahun 2014 dan yang lainnya dibahas di atas mengguncang Up peringkat dan bergeser cara SEO mendekati pekerjaan mereka.

Jika terjadi pembaruan besar seperti saat ini, anda tidak perlu takut dan ikuti tips ini!

Jangan panik

Sebenarnya kita tidak pernah mendapatkan daftar detail perubahan dari Google. Jadi panik tentang sesuatu yang kita tahu sedikit tentang, terutama pada awalnya, benar-benar membuang-buang waktu dan energi. Mari kita update Penguin terbaru, misalnya.

Dengan dirilisnya Penguin 4.0, Google memang berbagi informasi tentang update tersebut melalui Blog Pusat Google Webmaster. Sementara sejumlah perubahan dilakukan, mereka memberi kami beberapa detail eksplisit yang memberikan beberapa wawasan tentang apa yang diharapkan:

  • Penguin sekarang real-time.
  • Penguin sekarang lebih terperinci.

Sekarang, sebelum mengetahui informasi ini, banyak yang menduga update ini akan membawa perubahan besar. Ada yang benar, yang lain tidak begitu banyak. Tapi satu hal yang pasti. Jika anda panik tentang pembaruan dan mulai mencoba “menebak” apa yang akan terjadi, anda mungkin akan banyak mengkhawatirkan yang tidak perlu. Jadi saat anda belajar update besar sedang menjulang, jangan panik.

Tunggu untuk bereaksi

Setelah santai dan tidak panik, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah menunggu untuk bereaksi. Bisa jadi tergoda untuk keluar dan melakukan perubahan pada situs anda, tapi itu bisa menyia-nyiakan pekerjaan. Sebagai gantinya, hal yang cerdas untuk dilakukan adalah menunggu dan melihat apakah situs anda terkena dampak. Lebih sering daripada tidak, jika anda melakukan SEO dengan cara yang benar, situs anda mungkin tidak terpengaruh secara negatif (dan Anda bahkan bisa melihat dorongan).

Google sedang dalam misi untuk memberikan jawaban terbaik bagi penggunanya. Itulah mengapa mereka terus mengubah algoritma mereka untuk mendorong para webmaster membuat situs, pengalaman, dan konten yang lebih baik. Pembaruan ini lebih dari sekedar main-main dengan SEO. Sebenarnya, Google meyakini SEO itu penting. Yang ingin mereka hancurkan adalah webspam SEO black-hat.

Baca sumber yang kredibel dan lakukan penyesuaian bila perlu

Jadi anda tidak panik, menunggu untuk melihat dampaknya dan menyadari bahwa anda perlu melakukan beberapa penyesuaian. Dimana untuk memulai seringkali merupakan keputusan tersulit.

Memeriksa dan membaca Blog Google Webmaster adalah tempat yang tepat untuk memulai. Baca lebih banyak informasi yang telah mereka kirim, dan lihatlah apa pembaruan yang dimaksudkan untuk ditargetkan. Jika situs Anda terkena, kemungkinan hal-hal inilah yang perlu Anda kerjakan. Jika masih membutuhkan lebih banyak lagi, Search Engine Land memiliki sejumlah penulis dan kolumnis staf hebat yang mencakup semua update algoritma dengan sangat baik.