Apa Itu Semantic Search?

Apa Itu Semantic Search?
Pada tahun 2010, mengoptimalkan mesin telusur berarti mengambil sebanyak mungkin tautan balik dan menyertakan lebih banyak kata kunci.
Saat itu, SEO berarti memahami bagaimana mesin telusur membuahkan hasil sehingga kita dapat membalikkan konten yang peringkatnya lebih tinggi.
Saat ini, pemahaman mesin telusur telah berevolusi, dan kami telah mengubah cara kami mengoptimalkannya sebagai hasilnya. Mengidentifikasi kata kunci tidak lagi cukup.
Sekarang, Anda perlu memahami arti dari kata kunci tersebut, memberikan informasi kaya yang mengontekstualkan kata kunci tersebut, dan dengan tegas memahami maksud pengguna.
Semua hal ini penting untuk SEO di era semantic search(pencarian semantik). Artikel ini akan membahas apa sebenarnya pencarian semanti.

Apa itu Pencarian Semantik?

Pencarian semantik mendeskripsikan upaya mesin pencari untuk menghasilkan hasil yang paling akurat dengan memahami:
  • Maksud pencari
  • Konteks pertanyaan
  • Hubungan antar kata
Dalam istilah orang awam, pencarian semantik berusaha memahami bahasa alami seperti yang dilakukan manusia.
Misalnya, jika Anda bertanya kepada teman Anda “Siapa orang terkaya di dunia?” Dan kemudian mengikuti pertanyaan itu dengan “Seberapa besar kekayaan Bill Gates?” Teman Anda akan mengerti bahwa “itu” mengacu pada mamalia terbesar: Bill Gates.
Sebelum 2013, mesin pencari tidak akan mengerti konteks pertanyaan kedua.
Daripada menjawab “Seberapa kaya Bill Gates,” Google akan berusaha mencocokkan kata kunci spesifik dari frasa “Seberapa kaya” dan mengembalikan halaman web dengan kata kunci yang sama persis.
Pencarian semantik juga memungkinkan Google untuk membedakan antara entitas yang berbeda (orang, tempat, dan hal-hal) dan menafsirkan niat penelusur berdasarkan berbagai faktor termasuk:
  • Riwayat pencarian pengguna
  • Lokasi pengguna
  • Riwayat pencarian global
  • Variasi ejaan
Perbaikan dari mesin telusur sangat membantu pengguna mencari informasi-informasi penting. Sebagai orang yang bergerak pada bidang SEO, kita harus mengetahui tentang perkembangan mengenai hal seperti pencarian semantik ini.