Cara Memasarkan Bisnis Online Secara Gratis

Cara Memasarkan Bisnis Online Secara Gratis

Bagi banyak orang dan bisnis, kata ‘pemasaran’ memunculkan visi strategi pemasaran yang mahal dan pengeluaran yang berlebihan.

Dengan banyaknya bisnis yang berlomba-lomba untuk memamerkan di antara lanskap digital yang luas, terkadang bisa terasa seperti melawan pertempuran yang kalah, terutama bagi mereka yang baru memulai.

Namun, tidak harus mahal: ada banyak cara bebas untuk memasarkan bisnis. Dalam posting ini, kami membagikan tip utama kami tentang cara memasarkan bisnis online Anda secara gratis.

Tangkap data email

Pastikan Anda memiliki metode untuk menangkap data email dari pengunjung situs web. Integrasikan opsi daftar email ke situs dan mulai membangun database data pelanggan.

Anda kemudian dapat menggunakan data ini untuk berbagai insentif pemasaran, seperti pemasaran email atau membuat khalayak khusus di Facebook untuk iklan bertarget.

Email marketing

Anda punya datanya, sekarang perlu melakukan sesuatu yang berguna dengannya. Mulailah dengan menyiapkan akun gratis dengan Mailchimp, dan mulai mendistribusikan email tersebut.

Hindari terlalu banyak promosi dan selalu menawarkan sesuatu yang benar-benar berguna bagi penerimanya. Jaga agar email tetap teratur tapi jangan pernah membombardir, jika tidak orang akan berhenti berlangganan lebih cepat daripada yang bisa Anda katakan ‘pemasaran digital’.

Pemasaran video

Anda akan marah jika mengabaikan proliferasi video selama beberapa tahun terakhir ini. Langsung pada kereta musik dan mulailah terlibat dalam beberapa pemasaran video.

Mulailah dengan menyiapkan saluran YouTube. Anda tidak perlu membuat film Hollywood-esque – hanya blog video sederhana yang akan dilakukan. Jika Anda punya sesuatu yang berguna untuk dikatakan, katakan di video. Ini juga membuat konten yang sangat mudah dibagikan dan dapat dipasarkan – plonk di situs Anda, mendorongnya keluar dari masalah sosial, dan memasukkannya ke dalam email Anda.

Posting ke Facebook

Tak perlu dikatakan bahwa media sosial adalah salah satu alat pemasaran yang paling berharga di luar sana. Dan gratis. BEBAS. Sebaiknya tidak masuk ke setiap platform media sosial di bawah matahari, cukup fokus pada yang paling sesuai dengan bisnis Anda.

Facebook adalah pilihan tepat untuk hampir semua bisnis. Sayangnya, update algoritma terbaru telah membuat lebih sulit dari sebelumnya bagi bisnis untuk mendapatkan visibilitas dalam feed berita tanpa membayar. Tapi, Anda tidak akan rugi. Poskan pembaruan rutin – menjadi menarik dan menarik, jangan terlalu promosi, dan benar-benar menarik.

Berinteraksi dengan pakar industri di Twitter

Twitter bukan untuk semua orang, tapi memang membawa beragam manfaat. Ini adalah platform hebat untuk terlibat dengan pakar industri dan pelanggan, karena ini adalah tempat di mana setiap orang bisa berbicara dengan siapa pun.

Tanggapi umpan balik pelanggan, retweet konten buatan pengguna terbaik, dan tawarkan masukan asli untuk diskusi industri.

Buat sebuah Instagram

Pesaing populer di antara platform media sosial, Instagram memiliki basis pengguna yang terus meningkat.

Jika bisnis Anda mendapat keuntungan dari kehadiran visual, pastikan Anda mendedikasikan waktu untuk membangun akun Instagram yang kuat. Ingatlah bahwa ini adalah platform visual, konten yang dikurangkan dengan hati-hati yang terlihat menakjubkan adalah kuncinya.

Hasilkan lalu lintas situs web dengan Pinterest

Pinterest tidak cocok untuk banyak bisnis, tapi bisa bekerja dengan baik untuk beberapa orang. Platform memiliki salah satu rasio konversi tertinggi dalam hal mengubah browser menjadi pembeli.

Anda juga dapat menghasilkan lalu lintas situs web yang signifikan dan mengetahui lebih banyak tentang apa yang disukai pengguna target Anda.

Bangun jaringan Anda di LinkedIn

Jika bisnis Anda adalah perusahaan B2B, pastikan untuk memiliki kehadiran yang kuat di LinkedIn. Ini juga tempat yang bagus untuk membangun jaringan Anda. Aturan yang sama berlaku untuk LinkedIn sebagai platform sosial lainnya – terlibat dengan orang yang relevan dan menawarkan wawasan yang tulus.

Publikasikan ke Google Plus

Google Plus, platform kecil yang aneh itu tak pernah cukup melanda waktu besar. Namun, hal itu masih lamban seiring dengan harapan bahwa suatu hari, sesuatu, apapun akan terjadi yang mendorongnya menjadi bintang media sosial (tidak mungkin).

Meski begitu, terlepas dari kegagalan Google Plus, masih layak masuk ke kebiasaan untuk mendorong konten baru apa pun melalui Google Plus. Bagaimanapun, ini adalah produk Google dan jika Anda ingin mendaki peringkat tersebut, sebaiknya Google tetap manis.

Mulai gunakan Google Posts

Bertujuan untuk mempublikasikan update reguler melalui Google Posts untuk visibilitas yang lebih besar di halaman hasil mesin pencari. Mengeposkan ke Google memungkinkan bisnis berbagi konten dengan orang-orang yang relevan dengan kueri penelusuran yang dimasukkan. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan sedikit eksposur ekstra.