Mengapa SEO Itu Rumit?

Mengapa SEO Itu Rumit?

SEO merupakan salah satu hal penting dalam dunia internet. Coba pikirkan sejenak, bagaimana Anda mencari informasi di internet. Jawabannya jelas dengan menggunakan mesin pencari seperti Google.

Memang Google bukan satu-satunya mesin pencari, tetapi tak bisa dipungkiri bahwa dominasi Google hingga saat ini tidak bisa terbantahkan. Belum ada mesin pencari lain yang bisa menandingi kehebatan Google, ini setidaknya hingga saat ini.

Bagi Anda yang mencari informasi dari Google, ini merupakan hasil dari algoritma dimana semua itu tergantung pada Search Engine Optimization(SEO).

SEO sendiri menjadi salah satu ilmu penting dalam dunia internet. Ini profesi yang sangat menjanjikan dan menjadi sangat penting khususnya bagi mereka yang berkiprah dalam dunia internet.

Dibalik itu semua, wajar bila memahami SEO tidaklah perkara mudah. Ada beberapa faktor yang membuat SEO itu rumit.

Algoritma Google

Kita tidak akan pernah “melihat di bawah kap” algoritma Google. Yang paling dekat yang bisa kita dapatkan adalah korelasi dan cara yang lebih rumit untuk menguraikannya.

Black hat SEO digunakan untuk mencoba dan meningkatkan peringkat situs web secara tidak sah, dan sebagai hasilnya, algoritma search engine terus berevolusi untuk memerangi taktik manipulatif.

Ada 200+ faktor peringkat

Jika ada lebih dari 200 faktor peringkat, fokus mana yang Anda pilih?

Dengan begitu banyak faktor yang dipertimbangkan untuk menentukan peringkat situs web, mustahil untuk fokus pada semuanya. Untungnya, Cyrus Shepard baru-baru ini menerbitkan Zyppy dan saya mencoba menyederhanakannya lebih jauh di sini. Ada juga banyak temuan yang dipublikasikan untuk membantu SEO fokus pada faktor peringkat yang paling berbobot dalam algoritma Google.

Apa yang berhasil saat ini mungkin tidak berfungsi besok

Algoritma Google terus berkembang, yang berarti bahwa pengoptimalan situs web harus berkelanjutan.

Mengukur ROI itu sulit

Karena perjalanan pelanggan tidak linier, tidak mungkin mengarahkan prospek atau pembelian ke satu saluran saja. Dengan menggunakan atribusi multi-channel, Anda dapat melihat SEO adalah bagian dari upaya pemasaran yang lebih holistik.

Eksperimen memiliki siklus hidup yang panjang

Jika Anda melakukan split-testing pada halaman landing dan memiliki 1000 pengunjung per minggu, Anda dapat dengan cepat melihat apa yang berhasil. Dengan SEO, inisiatif membutuhkan waktu untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengukur. Siklus pengujian, pengukuran, dan pengulangan lambat karena sifat SEO jangka panjang yang melekat.

Mengisolasi variabel hampir tidak mungkin

SEO biasanya menerapkan beberapa inisiatif secara bersamaan. Hal ini menyulitkan untuk mengisolasi variabel atau faktor mana yang mungkin menyebabkan peningkatan peringkat atau lalu lintas. Di lab ilmiah, Anda dapat mengisolasi satu variabel sekaligus dan membandingkannya dengan grup ‘kontrol’. Dengan SEO, kita tidak memiliki lingkungan terkontrol untuk bekerja.